Social Media Outlook 2011

Minggu lalu saya sharing di temanteman FreSh dalam sebuah diskusi hangat bertajuk “Indonesia Online Business Outlook 2011” di Gedung Telkom Jalan Gatot Subroto. 


Di situ saya sharing mengenai Consumer 3000 yang saya elaborasi sedikit, implikasinya bagi bisnis online di Indonesia. Saya bilang di situ bahwa salah satu karakteristik penting dari Consumer 3000 adalah bahwa mereka semakin technology savvy dan “social media freak”. Thanks to the internet, dengan munculnya social media tool seperti Twitter dan Facebook yang supermurah,supermudah, dan superpowerful,konsumen kita semakin gampang mengadopsi beragam produk konsumsi berteknologi. 

Dalam forum itu saya mengintroduksi munculnya lima pergeseran besar dalam lanskap bisnis online dan social media di Indonesia. Pergeseran ini tak terelakkan lagi merupakan dampak dari “gempa tektonik” (yang dikuti “tsunami”) perilaku konsumen Indonesia sebagai akibat munculnya Consumer 3000. Berikut ini adalah pergeseran- pergeserannya di tahun 2011.

1. Social Media Euphoria Is Over. It’ll Become a Basic Needs 

Yup!!! selama tiga-empat tahun terakhir blog, Facebook, Twitter telah menjadi hype dan eforia luar biasa di Indonesia. Ia menjadi sebuah gerakan massa. Orang beramai- ramai membuka akun Facebook atau Twitter agar tidak disebut jadul atau gaptek; agar disebut keren dan cool. Bermodal “update status” saja sudah cukup, nggak penting berderet fitur yang lain, yang penting bisa ngomong ke teman- teman bahwa mereka sudah menjadi “Facebook freak” atau “Twitter freak”. Di masa eforia, Facebook dan Twitter menjadi alat ekspresi diri, untuk menunjukkan “siapa aku”.

Kini masa eforia itu sudah lewat. Punya akun Facebook dan Twitter kini sudah tidak lagi keren atau sesuatu yang wah...biasa saja. Lalu apa akibatnya? Facebook dan Twitter tidak lagi alat ekspresi diri, tak lagi alat nampang.Penggunaan Facebook dan Twitter memasuki fase kematangannya, yaitu mengarah ke fungsi (functionality) yang sesungguhnya.Konsumen Indonesia mulai menggunakan Facebook dan Twitter untuk berkoneksi dengan orang lain, berdiskusi, saling bertukar informasi,mencari berita terbaru, mendapatkan tips-tips, mencari informasi produk,mendapatkan referal sebelum melakukan pembelian, dan sebagainya. Tinggal tunggu waktu... social media will be a basic needs. 

2.iPad 500 Ribu Perak? Why Not!!! 

Dulu kita tak bisa membayangkan ponsel harganya Rp200.000. Kini semua itu terwujud.Akankah tablet seperti iPad menjadi cuma Rp500.000 perak? Tentu saja tidak. Apple tentu saja tak akan melego produk legendarisnya semurah itu. Tapi proses yang dialami ponsel di atas tak akan terelakkan lagi bakal dialami oleh iPad. Merek-merek murah lokal tiruan iPad yang dibikin di Cina bakal membanjiri pasar.Celakanya,merek-merek lokal ini bukanlah produk murahan yang asal dibikin, tapi merupakan produk value for money yang memiliki functionality tak kalah dari iPad tapi dengan harga jauh lebih murah. Celakanya lagi, di Indonesia akan ada begitu banyak smart value consumersyang akan membeli iPad tiruan ini. 

Di dalam konsep Consumer 3000,saya menyebut konsumen jenis ini sebagai: “Nexian Hunter”. Kombinasi antara kuatnya permintaan (thanks to economies of scale) dan dorongan kompetisi antar iPad-iPad tiruan ini akan menggerus harga tablet ke titik yang sangat murah (hingga di bawah Rp1 juta perak, bisa-bisa cuma Rp500.000 perak).Dan kalau hal ini terjadi, maka tablet akan menjadi mass product yang bakal dimiliki oleh semua lapisan masyarakat, tak terbatas hanya kalangan menengah dan atas.Persis seperti yang terjadi pada ponsel sekarang. 

3.Android Explosion 

Kalau revolusi tablet terjadi, maka serta-merta revolusi “pasangannya” pun tak terhindarkan. Apa itu? Tak lain adalah revolusi pasar aplikasi (apps). Dan revolusi apps tersebut tak lain adalah revolusi Android.Kenapa Android? Karena di Android Market nantinya kita akan mendapatkan ribuan bahkan jutaan apps (mulai dari koran, majalah, buku, games, entertainment, radio-TV satelit, video ... apapun) secara gratis. Ingat,gratis adalah sesuatu yang paling disukai konsumen kita (...yup,kualitas apps adalah masalah ke sekian, yang penting gratis!!!).Dan kalau hal ini yang terjadi, maka benar kata Telkom bahwa “the world is in your hand”.Apapun bisa kita dapatkan melalui gadget di tangan kita.Dan gadget di tangan itu tak lain adalah tabletyang di dalamnya berisi jutaan apps yang memudahkan, menghibur, mewarnai, dan memperindah hidup kita.Tinggal tunggu waktu saja... hidup kita bakal “dikuasai” oleh Android. 

4. From “Broadcasting” to “Connecting”

 Kalau di tingkat konsumen, social media semakin menjadi basic needs, maka di tingkat produsen para brand manager pun mulai menggunakan social media pada tempatnya, dan menurut fungsi yang sesungguhnya.Tantangan terbesar bagi brand manager dalam mengadopsi social media selama ini adalah merubah mindset mereka dari pendekatan vertikal atau “broadcasting”menjadi pemasaran horisontal atau “connecting”.Karena sudah sekian lama para brand manager ini menggunakan media “broadcasting”seperti TV,radio,dan koran/majalah, maka ketika muncul media baru,socialmedia,mindset mereka tetap tidak berubah.Mereka menggunakan media baru tersebut untuk mem-broadcast pesanpesan pemasaran ke konsumen. 

Kini, setelah 3-4 tahun melalui “masa pembelajaran”, para brand manager (early adopter) mulai menyadari dan memahami bagaimana seharusnya menggunakan media baru tersebut.Mereka akan mulai menggunakan blog, Facebook atau Twitter untuk menciptakan connection (melalui conversation dan engagement) dengan konsumennya.Terdapat tren, kini semakin banyak brand yang menciptakan conversation melalui medium blog atau portal komunitas (lihat misalnya, brand pelumas Evalube dengan portal GilaMotor.- com-nya; atau brand kosmetik Caring Colours dengan portal komunitas CaringCareer-nya).Tak hanya itu, mereka juga memanfaatkan Facebook dan Twitter sebagai channel untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.Semua dilakukan bukan dengan pendekatan “broadcasting” tapi mulai mengarah ke “connecting”.

5. The Birth of Millions of Social Media Entrepreneurs 

McKinsey&Co. secara umum mendefinisikan kelas menengah (middle class) adalah mereka yang memiliki pendapatan “menganggur” (disposable income, yaitu pendapatan sisa di luar yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari) mencapai 1/3 dari keseluruhan pendapatan. Disposable income ini merupakan dana sisa yang siap diinvestasikan ke dalam berbagai bentuk bisnis.Ketika sudah cukup banyak kelas menengah di Indonesia, menyusul tembusnya GDP/- kapita USD3000, maka disposable income ini akan cukup besar dan siap untuk diinvestasikan ke dalam berbagai bentuk venture,termasuk masuk ke bisnis onlineberbasis socialmedia. 

Nantinya akan banyak profesional dan pekerja kantoran yang sudah cukup disposable income-nya akan nyambimenjadi entrepreneur dengan berinvestasi di bisnis online berbasis social media. Bahkan ketika sudah banyak contoh sukses entrepreneurmuda kaya raya di negeri ini karena berbisnis online/- social media (lihat sukses Koprol dibeli Yahoo!),maka akan semakin banyak orang kantoran ini yang memberanikan diri nyebur menjadi full-time entrepreneur karena iming-iming kesuksesan. Kenapa social media entrepreneur? Karena bisnis berbasis social media menuntut investasi yang relatif murah tapi memiliki potensi luar biasa karena merupakan sunrise businesssekaligus blue ocean business. 

Karena murah meriah, kini muncul tren para freshgraduate mulai tak tertarik menjadi pegawai atau profesional; mereka mulai berani mencoba pertaruhan menjadi social media entrepreneur.Karena itu saya memprediksi social media entrepreneur bakal boom dalam beberapa tahun ke depan. Selamat Datang 2011 YUSWOHADY Pengamat Bisnis dan Pemasaran  


Sumber Harian Seputar Indonesia