Public Training Debt Collectin With Legal Approach

 
DEBT COLLECDTION WITH LEGAL APPROACH 
15 - 16 MEI 2012

AGENDA PELATIHAN

SESI 1 : Prinsip Dasar Debt Collection: Analisa Sebelum Penagihan & Metode
             Penagihan yang Efektif.
· Memahami prinsip dasar dari aktivitas collection serta tahapan analisa yang dibutuhkan: 
  kemauan, kemampuan, pemilahan alasan, dan teknik penagihan yang tepat.
· Memahami tipe dan karakter dari klien bermasalah.
· Analisa Alasan Overdue: Tidak mampu (Investigasi), Lupa (Sms, reminder),
  Administrasi (Follow up), Tidak mau.
· Analisis Kolektabilitas: Mau VS Mampu.
· Memahami strategi dari fungsi collection dan peran unit desk collector didalamnya 
  sesuai SOP, misal: Reminder => 2 kali Ingkar janji => Field.
· Memahami fungsi-fungsi unit pendukung collection dan interaksinya dengan desk collection unit.
· Normal collection strategy: Preventing roll-Rate from X days serta hubungannya dengan  
  Front-End and Back End Collection activities an Field collection strategy:Pick-Up payment &
  Field collection.High avoidance, SkipTracing, dan Fraud Klient.
· Memahami Collection / Payment Management adalah Sumber Competitive Advantage.
· Pentingnya Strategi Manajemen Penagihan: Strategi Penagihan berdasarkan Umur, Strategi Penagihan
  berdasarkan Hasil.
· Membahas pentingnya tujuan Proses Penagihan,
· Metode Penagihan Utama
· Peran & Tanggung Jawab Seorang Kolektor/Penagih

SESI 2 : Memahami Aspek Hukum Perdata & Kepailitan Dalam Penagihan
· Memahami Aspek Legal Penagihan,
· Garis Besar Penanganan Piutang Bermasalah,
· Penanganan Piutang Berdasarkan Aspek Hukum,
· Fakta Hukum Dan Penentuan Langkah Hukum,
· Hal-hal yang Memiliki Nilai Sebagai Fakta Hukum,
· Hukum Perdata dan Somasi dalam Penagihan,
· Langkah Mediasi dalam Penyelesaian Penagihan,
· Efektifitas Pengajuan Gugatan & Permohonan Pailit dalam Pengembalian Utang,
· Upaya Hukum Melawan Kepailitan,
· Pembatalan & Pencabutan Putusan Pailit,
· Aktivitas sebelum Pembacaan Putusan Pailit,
· Proses Eksekusi Perkara Gugatan Perdata,
· Peran Kurator dalam Kepalitan,
· Hal-hal yg hrs diperhatikan dlm pengangkatan kurator, Kewajiban Kurator.

SESI 3 : Aspek Hukum Pidana, Peraturan Bank Indonesia dan Aspek Covenant
              Dalam Penagihan
· Membahas Aspek Pidana Dalam Piutang.
· Peraturan dan surat Edaran baru Bank Indonesia
· Saksi dan Bukti, serta covenant dalam penagihan agar tidak berkepanjangan di sisi pidana.
· Berhadapan dengan polisi (UU kepolisian, tatib dan surat edaran kapolri).

SESI 4 : Role Play dan Diskusi Beragam Kasus Hukum dalam Penagihan
· Membahas beragam kasus  hukum collection oleh fasilitator: masalah peserta.
· Tips dan triks berhadapan dengan pengacara.
ROLEPLAY: Berhadapan dengan kuasa hukum pengacara.

SESI 5 : Aspek Psikologis dalam Aktifitas Penagihan
· Memahami tipe dan karakter dari klien sesuai tipologi.
· Strategi dalam menghadapi klien yang beragam dan kiat mendekatinya sesuai tipologi.
· Strategi Tipologi: Tehnik Identifikasi (Kuasa, Harmoni, Gaul, Analitikal) dilanjutkan dengan teknik Pendekatan (Gali info) => validasi alasan tidak bayar  => Strategi penagihan lanjutan.
· Bagaimana menagih sesuai dengan tipology.
· Aplikasi tipologi kedalam penagihan: motif, nada suara, cara berdebat, cara menyampaikan.
LATIHAN: Penyesuaian pembicaraan dengan tipologi klien.

SESI 6 : Latihan Tipologi & Komunikasi Pembuka Pembicaraan: Bagaimana
              menjaga Kontrol Negosiasi Penagihan
· Beragam strategi yang berbeda dalam komunikasi penagihan.
· Memahami perbedaan antara pikiran dengan perbuatan.
· Memahami Kekuatan pikiran bawah sadar.
· Hukum pikiran bawah sadar dan implikasinya.
· Latihan Beragam tehnik komunikasi bawah sadar dan NLP dan penggunaan NLP untuk membangun kedekatan  & relasi.
· Tehnik membuka hubungan baru dengan new people: Quick Trust Building.
· Pemahaman Tiru, Samakan dan Pimpin (TSP) didalam melakukan komunikasi sesuai prinsip Emotional Management & Influencing Strategy.
· Tehnik membangun rapport dan menciptakan suasana yang posotif.+ video Pacing Leading.
LATIHAN: Tiru samakan pimpin.
LATIHAN: Tipologi.
LATIHAN: (berdasarkan studi kasus internal) & Role Play di depan kelas.

SESI 7 : Metode Komunikasi Suasana Konflik Dengan Metode Empathy, Reframing
             (Sudut Pandang Baru), Perumpamaan dan Metamodel
· Tehnik menghadapi suasana konflik: Senangkan hatinya dengan empathy, rubah logika dengan sudut pandang baru, hilangkan emosi dengan perumpamaan.
· Bagaimana Menguasai Bahasa bawah sadar dalam membungkus pesan: pengenalan tehnik Perumpamaan.
· Pengenalan Tehnik Metamodel, sudut pandang baru, perumpamaan.
· Neuro Persuasion: ilmu canggih membungkus pesan (Kombinasi dari perumpamaan, sudut pandang baru dan metamodel).
· Esensi dari Pembentukan, Pengemasan & Penyampaian Pesan.
· Meta Model berupa seni mengajukan pertanyaan kunci guna menghilangkan asumsi, dan memperdalam informasi.
· Beragam contoh tehnik pembungkusan pesan dan pembelajarannya.
· Aplikasi Metode reframing atau sudut pandang baru untuk merubah pikiran seseorang (sehingga mau memberikan data),
LATIHAN: Sederhana tehnik Perumpamaan dalam  komunikasi.
LATIHAN: Mengenali beragam situasi yang dihadapi dan strategi bagaimana mengemas
                    rasa yang tepat.

SESI 8 : Latihan dan Role Play (Menggunakan Form)
· Prinsip dasar Consultative collection & Negotiation techniques.
· Solusi mengatasi pelanggan yang sulit.
· Latihan materi Reframing, Metamodel dan Perumpamaan (45 menit).
· Bagaimana berbicara dengan hati kecil - esensi nurani dan hubungannya 
  dengan intuisi.
· Mendeteksi kebohongan, manipulasi dan tipuan melalui intuisi.
· Latihan menyusun Script dan Role Play kominikasi konflik ke:
· Ke Customer.
· Ke unit lain misal Marketing/Collection/Legal/Tax.
· Ke atasan langsung yang karena tuntutan pekerjaan menuntut agar 
   bawahan kreatif menyelesaikan sendiri dahulu.
· Ke atasan departemen lain, misal pajak.
· Review materi teknis selama dua hari.
· Studi kasus dan diskusi kelompok.
· Teknik review menggunakan form.
· Rencana perbaikan di lapangan pasca pelatihan.
LATIHAN: Membuat script atas situasi diatas.
LATIHAN: Berlatih berhadapan tanpa script di evaluasi menggunakan form 
                   berbentuk 3 dimensi (collector, nasabah, observer).

 

CONTACT INFO :
M-Knows Consulting Surabaya
Vivi
Telp : 031-83705277, Fax : 031-8705381
Email : mknows_sby@yahoo.com
Formal (No Jeans, No Sendal, No T-Shirt

INVESTASI :
Rp. 2.500.000,- / Orang (Bukti di Fax / Email)
Selambatnya Tanggal 1 Mei 2012
Normal Investasi : Rp. 3.000.000,- / Orang
Sudah termasuk Coffee Break, Makan siang, Sertifikat & Seminar Kit