MEMBUAT KPI & OBJECTIVE PERUSAHAAN

Sistem manajemen kinerja di perusahaan bila tidak dikaitkan dengan visi/misi, isu strategis, pengembangan bisnis dan kondisi operasional, maka sistem tersebut akan kehilangan pijakan dalam situasi nyata sehari-hari. Diperlukan penghubung, sebagai alat navigasi dan kontrolnya, dalam hal ini sistem manajemen yang didasarkan dengan KPI.

Key Performance Indicator (KPI) sebagai unsur yang sangat terpenting dalam sistem manajemen kinerja merupakan jantung dalam siklus performance management, berupa Performance Planning, Performance Coaching & Performance Appraisal. Seorang karyawan akan konsentrasi dalam bekerja bila mengetahui dengan jelas KPI-nya. Dengan KPI pula seseorang dapat mengetahui area di mana ia harus bekerja dan menghasilkan output sesuai dengan target yang telah disepakati. KPI juga merupakan alat komunikasi atasan dengan bawahan berlangsung serta alat komunikasi keinginan perusahaan ke semua lini organisasi.

KPI seharusnya bukan hanya mencerminkan target yang harus dicapai. KPI juga sebaiknya secara eksplisit menyatakan kemampuan proses yang harus dicapai, sehingga target perusahaan juga tercapai. Melalui pendekatan proses maka keterkaitan antar  divisi atau departemen menjadi suatu jawaban mutlak keberhasilan berbagai metode sistem manajemen kinerja, karenanya perlu dirumuskan SLA (Service Level Agreement) & SLG (Service Level Guarantee) masing-masing


AGENDA PELATIHAN

HARI PERTAMA
SESI 1 :  
Konsep Performance Management System (Pengukuran Produktifitas) dengan Pendekatan Strategik
SESI 2 :  
Memahami Tehnik Penyusunan KPI  a la  Barat (Balance Scorecard) vs. Jepang (QCDSM - Quality,Cost,   Delivery, Safety, Moral)
SESI 3 :  
Latihan Mendesain Peta Strategi dan Sasaran Kinerja Perusahaan
SESI 4 :  
Bagaimana Menurunkan (Cascading Process) Sasaran Kinerja Perusahaan ke Level Divisi / Departemen
 
HARI KEDUA
SESI 5 :  
Mendesain dan Merumuskan Measurable Key Performance Indicators dengan Mengacu pada Sasaran Kinerja Divisi / Departemen
SESI 6 :  
Berbagai Masalah Unjuk Kinerja dalam Hubungan Antar Divisi / Departemen
SESI 7 : 
 Bagaimana Merumuskan Service Level Agreement & Service Level Guarantee pada Divisi  / Departemen
SESI 8 :  
Peran Pimpinan / Line Manager dan HRD dalam Performance Management dan Pengembangannya yang Berkelanjutan (Continuous Improvement), plus Demo Software Pengelolaan KPI